Domain hosting paling murah Cara membuat website Pengertian Domain

Banyak blogger atau netter “newbie” alias blogger baru yang bertanya kepada saya, apakah yang dimaksud domain itu? Apa sih domain? Pengertian domain itu apa? Padahal setiap hari mereka berkutat pada domain, mengetik domain di browser masing-masing.

Domain adalah sebuah nama yang dapat kita analogikan dengan sebuah nama contact di handphone anda. Nama yang digunakan pemilik website atau blog agar alamat website mereka mudah dihafal. Misalnya website domainhostingpalingmurah ini domainnya adalah di domainhostingpalingmurah.com . Anda bisa mengakses website ini dengan mengetikkan domainhostingpalingmurah.com  pada Mozilla Anda, bukan begitu?

Kalau tidak ada domain, kita harus menghafal IP address setiap website yang ingin kita kunjungi sama halnya anda harus menghapal nomor handphonse seseorang pada hanphone anda. Misalnya kita ingin ke Google atau Facebook, namun Google dan Facebook tidak memiliki domain google.com dan facebook.com. Kita harus menghafal IP mereka masing-masing misalnya saja 202.2.1.12 dan 64.5.5.10. jadi terlalu sulit untuk menghapalkannya..

Intinya: Domain adalah alamat tetap suatu website, agar kita bisa membuka halaman website tertentu.

Biasanya muncul pertanyaan, “Apakah mendapatkan domain itu bayar?”. Jawabannya adalah tergantung. Saat ini ada yang menyediakan domain gratis maupun domain berbayar domainhostingmurah.com . Domain gratis kebanyakan adalah subdomain, yaitu domain utamanya sudah ada yang punya, namun dia menyediakan domain lain dengan ekstensi domain utama (Top Level Domain/TLD) tersebut.

Misalnya adalah domain gratis co.cc. Kalau kita mendaftarkan website/blog dengan domain co.cc, sebenarnya kita mendapatkan subdomain. Domain utama adalah co.cc, namun yang kita dapatkan adalah “namakita.co.cc”, namasaya.co.cc, blogsaya.co.cc, dan sebagainya. Itu disebut subdomain. Saya bisa juga membuat subdomain di blog ini, misalnya https://yusuphidayat.wordpress.com.

Penyedia blog gratis juga menyediakan subdomain. Sebut saja WordPress.com, Blogspot.com, blogdetik.com, dan lain-lain. Namun adakah domain yang benar-benar gratis? Ada! dot.tk menyediakan domain gratis untuk saat ini. Jadi kita bisa mendapatkan domain “namakita.tk” secara gratis dari http://dot.tk.

Namun apabila Anda ingin serius dalam menekuni blog, sebaiknya Anda membeli domain dot com atau dot net (perbadingan harga lihat di http://domainhostingpalingmurah.com) disini anda dapat mempunyai domain dan hosting sendiri harga paling murah Rp. 900/bulan dengan support 24jam sehari 7 hari seminggu. Layanan ini di support oleh idwebhost dan Jogjacamp .

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: