Instalasi Drupal – Tips Drupal

Mahluk apalagi ‘drupal’ itu? – just share

Suatu ketika saya iseng browsing mencari hal-hal (release linux) yang baru di http://kambing.ui.ac.id . Tak berapa lama melakukan pemilihan produk-produk linux super murah akhir menemukan produk yang bener baru yaitu merchandise / souver ‘wedus ui’. Dalam hati tergerak untuk membeli hehee… (padahal kantong lagi kosong)… Tapi imajinasi negative saya langsung muncul , setahu saya jika kita melakukan pembelian/pemesanan barang secara online maka sebelum ada konfirmasi pembayaran ia akan muncul di waiting list dengan status pending dan jika dalam seminggu tidak dibayar maka secara otomatis akan dihapus… ah saya coba dulu membeli beberapa pernak-pernik.. pilih-pilih dapatlah total Rp. 26.750+ Ongkir Rp 8.000 total : Rp. 34.750 …. Dan belum dibayar… (maaf ya pak admin….)

Sewaktu memilih barang dalam hati saya agak sedikit kaget kok gampang banget ya belanja online disini .. fitur nya pun lengkap…Pikiiran saya wah ini dibuat dengan engine wordpres dan wp-ecommerce…tapi setelah saya pastikan dengan melihat footer nya ternyata dibuat dengan drupal… wah mahluk apa lagi itu…

Ayo kita lihat apa sih drupal itu ?

Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat di http://drupal.org

Cara melakukan instalasi drupal pada local server (PC)

a.  Pesyaratan sebelum instalasi drupal.

Sebagaimana biasa setiap engine blog memerlukan sebuah webserver dan sebuah database. Webserver dapat menggunakan apache yang dapat diunduh secara gratis di http://httpd.apache.org/ sedangkan untuk database dapat menggunakan mysql dapat diunduh di www.mysql.com

b.  Langkah instalasi

Setelah dua mahluk luar negeri (apache dan mysql terinstal) maka :

  1. Download drupal engine dari http://drupal.org
  2. Simpan hasil download pad folder htdocs
  3. Extract lah drupal dengan winzip, winrar, 7zip atau sejenisnya
  4. Kemudian berinama folder hasil extract misalnya ‘drupaltest’
  5. Buka internet explorer
  6. Pada address bar ketik : http://localhost/drupaltest/ tampilannya sbb:
  7. Klik tulisan ‘Install Drupal In English’
  8. Jika ada error seperti dibawah ini :
  9. Copylah file ‘default.settings.php’ yang terdapat pada ‘C:\apache2triad\htdocs\drupaltest\sites\default’ di pc anda
  10. Kemudian paste dan rename menjadi ‘settings.php’
  11. Klik try again. Hasilnya sbb :
  12. Buatlah sebuah database pada mysql dan berinama misalnya ‘drupaldb’
  13. kemudian isi data untuk form diatas, sbb
  14. Kemudian klik Save and Continue
  15. Hasilnya sbb :
  16. Klik your new site.
  17. Klik crate the fist account. Masukan nama dan alamat email anda.
  18. Hasilnya :
  19. Selamat anda behasil menginstall drupal di computer anda.
%d bloggers like this: