Track Jatiluhur

Pagi-pagi sekitar jam 06:00 kami sudah berkumpul di halaman parkir tambun bekasi. Persiapan yang dimulai dari packing sepeda, pembagian tugas dan pengaturan rute sudah kami lakukan di hari sebelumnya. Perjalanan kali ini akan menuju suatu daerah di Kabupaten Purwakarta tepatnya desa cikumpay, campaka, purwakarta. Team Goes dipimpin langsung oleh Bp. Jumadi, beliau ini lah yang kami tunjuk sebagai leader yang memang mengetahui seluk beluk kota purwakarta.

Kami berangkat dari Bekasi sekitar jam 06:15 dan sampai di purwakarta sekitar jam 07:45. Sesampainya di base camp kami langsung dijamu makan pagi oleh rekan-rekan kami di purwakarta. Suasana kekeluargaaan dan persahabatan sudah mulai terasa dari awal berangkat.

Selesai menyantap makanan lezat, kami langsung melakukan persiapan terakhir seperti pemeriksaan kondisi sepeda dan perlengkapaannya. Setelah kondisi siap kami berkumpul untuk pengarahan dan berdoa untuk keselamatan dalam perjalanan dipimpin oleh Bp. Yudi Lubis.

Perjalanan dimulai dengan menghitung jumlah peserta goes, dan hasilnya 15 peserta ikut serta. Tracking dimulai dengan menyusuri daerah pesawahan dan hutan jati. Selesai hutan jati kami disuguhi tanjakan panjang dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Tanjakan ini kami berinama tanjakan maut batu datar. Kontur track umumunya jalan halus yang diselingi turunan dan tanjakan. Disini peserta mulai kelelahan dan banyak yang kehabisan nafas.

Setelah tanjakan maut ini tanjakan dan turunan makin menghiasi track, untungnya tanjakan yang dilalui tidak separah tanjakan pertama. Jalan yang mulus, tidak ada kendaraan bermotor, udara segar dan pemandangan alam yang luar biasa menghiasi silih berganti. Namun setelah itu kami dihadapkan dengan track yang cukup sulit berupa turunan curam berbatu besar, penuh debu dan semak-semak. Hasilnya kami harus sangat hati-hati jika akan melintasinya, jika tidak maka kami bisa saja terjatuh dan tergelincir diantara bebatuan jalanan. Diujung jalan tersebut kami menemukan sebuah desa dan kami memutuskan untuk beristirahat disana, sambil menunggu rekan yang lain.

Di tengah perjalanan akhirnya kami bertemu dengan team resque yang sengaja menjemput kami di kota purwakarta untuk memberikan logistic. Kami pun beristirahat sejenak untuk menghilangkan lelah yang mendera kami. Setelah dirasa pulih kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanna menuju jatiluhur. Menurut petunjuk yang ada bendungan jatiluhur tinggal 8 km lagi. Setelah rolling di kota purwakarta kami langsung menuju jebatan penghubung antara purwakarta dan bendungan jatiluhur, petunjuk menujukan tinggal 5 km.

Di 5 km terkahir kami lagi-lagi diuji dengan track menanjak yang membentang dari jembatan hingga pintu gerbang jati luhur. Alhasil kami pun harus istirahat beberapa kali untuk memulihkan stamina.

Dengan stamina yang masih tersisa kami mencoba untuk terus menuju gerbang jatiluhur, walaupun ada sedikit kegelisahan akan turun hujan. Kami dengan sekuat tenaga berlomba dengan awan yang semakin menyelimuti daerah jatiluhur. Tepat pada jam 13:30 kami akhirnya sampai di bendungan jatiluhur. Namun sayangnya setelah kami sampai hujan pun mendera kami, hingga akhirnya kami putuskan untuk berteduh di suatu rumah makan. Makanan berupa nasi timbel dan gurame bakar menjadi pilihan kami, untuk menghilangkan rasa lapar dan memulihkan stamina. Setelah beristirahat, solat dan makan kami kembali mengepak sepeda untuk pulang menuju Desa Cikumpay. Tiba didesa cikumpay pada jam 17:30. Kami pun beristirahat dan minum-minum kopi yang telah disediakan di vila rekan kami. Setelah selesai solat magrib kami kembali menuju bekasi dan tiba dibekasi pada jam 19:30. Setelah salam perpisahan kami pulang kerumah masing-masing…. Salam goess…

Spesifikasi :
Pemandangan : 8/10

2 Responses

1. nice🙂
    sayang trip reportnya tidak dilengkapi peta