Pengguna Internet Perlu Berhati-hati

Apa yang dialami Prita Mulyasari, ibu rumah tangga yang diadili karena emailnya dianggap mencemarkan nama baik RS Omni International, mungkin tidak akan menjadi hal yang luar biasa di kemudian hari, jika RUU Rahasia Negara akhirnya disahkan oleh DPR.

Alih-alih berniat mencemarkan, seseorang yang menyebarkan informasi, sadar atau tidak sadar, bisa diancam hukuman pidana, jika informasi yang disebarkan masuk kategori ‘rahasia negara’.

Enda Nasution, aktivis di dunia maya mengaku terkejut dengan materi RUU yang sedemikian tidak adil bagi masyarakat sipil, terlebih komunitas internet, di mana bagi mereka keterbukaan informasi adalah makanan sehari-hari.

“Ada kekhawatiran dari kita bahwa RUU Rahasia Negara akan menjadi UU yang represif, dan membawa risiko tersendiri buat kami komunitas internet,” kata Enda Nasution saat berbincang dengan detikcom, Senin (14/9/2009).

Dalam draft RUU Rahasia Negara definisi rahasia negara adalah rahasia tentang informasi, termasuk benda dan kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh Presiden berdasarkan Undang-Undang ini untuk mendapat perlindungan sesuai dengan standar dan prosedur pengelolaan, yang apabila diketahui oleh pihak yang tidak berhak dapat membahayakan kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan NKRI.

sumber dan selengkapnya disini

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: