Kamera Keamanan

Cara Murah Membuat Camera Keamanan
Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan kamera untuk keamanan sangat membantu pihak keamanan dalam mengungkap para penjahat. Dengan adanya gambar dan adegan kejahatan yang dilakukan maka tidak ada celah untuk mengelak dari tuduhan kejahatan.
Penggunaan camera pada umumnya menggunakan CCTV yang harganya jutaan bahkan puluhan juta rupiah tentunya dengan kelebihan yang ia miliki. Nah untuk menekan biaya dan menggunakan peralatan webcam biasa anda juga dapat membuat kamera keamanan. Berikut adalah alat-alat yang diperlukan :
a. Hardware
Selain satu unit computer kita juga membutuhkan satu webcame, merk dan spesifikasi boleh apa saja.
b. Software
– Driver Webcame, agar webcame dapat digunakan.
– Dorgem, software ini bersifat freeware open source bisa didownload disini file sebesar 410 Kb untuk versi 2.10. Instalasinya seperti biasa, tidak ada setingan khusus, kelemahannya tidak compatible dengan Windows vista.
– Securecam, dapat didownload disini. Untuk instalasi mudah tidak ada setingan khusus dan sudah mendukung windows vista
c. Cara Kerja
Setelah melakukan instalasi dorgem, maka yang perlu diperhatikan adalah jika kamera tidak terdeteksi pilihlah Microsoft WDM Image, Capture pendeteksian gerakan. Untuk hal tersebut silahakan option motion detection diaktifkan. Pilih interval pengambilan gambar missal 4. Artinya jika kamera mendeteksi ada gerakan maka ia akan mengambil gambar setiap 4 detik, gambar hasil pengambilan akan disimpan dalam folder di komputer kita yang dapat kita tentutkan terlebih dahulu dengan mengklik tombol storage seting. Anda dapat melakukan explorasi/percobaan sendiri2 pada software kamera anda.
d. Menyimpan file ke internet
Pengandaian yang lucu adalah jika computer kita yang dicuri, walaupun kita pasang kamera pengintai tentunya tidak berarti jika computer kita yang dicuri. Nah solusinya adalah dengan mentransfer file hasil capture camera ke internet dengan syarat anda terkoneksi dengan internet. Caranya adalah dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh http://www.directransfer.net . Untuk menikmatinya lakukan registrasi di http://www.directransfer.net jika account anda sudah aktif silahkan ikuti langkah berikut :
a. Jika account anda sudah aktif klik, lakukan login kemudian klik FTP account detail
b. Catat nomor FTP anda, username dan password
c. Buka dorgem, kemudian klik storage seting, kemudian nonaktifkan profile yang aktif (sebelumnya profile dengan menyimpan file ke komputer), klik change, klik enabled, pilih option FTP, kemudian masukan nomor FTP, user dan password. Dibagian file isi dengan parameter : namafile%G%g contoh : tangakp%G%g. Setelah semua selesai maka kembali kejendela utama kemudian klik autocapture.
d. Lakukan percobaan, untuk membuktikannya silahkan anda login ke FTP anda menggunakan browser kesukaan anda ketik pada addressbar . Contoh ftp://192.16.154.2/
e. Jangan heran jika ada dua tampilan login , pilih salah satu saja.

Selamat Mencoba…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: