Cara Berinternet Hemat Melalui Handphone CDMA (Starone)

Cara Berinternet Melalui Handphone CDMA (Starone)

Analisa Biaya Pemakaian

Dalam koneksi ini digunakan operator starone

Untuk Post Paid (Pasca Bayar) harganya Rp. 100.000/Gb

Untuk Pre Paid (Pra Bayar) harganya :

Berdasarkan waktu pemakaian Rp. 75/Menit = Rp. 4000/Jam

Berdasarkan volume pemakaian Rp. 1/Kb

Perlatan yang Dibutuhkan

a. Hanphone CDMA (lebih baik yang sudah support DKU 2) yang dilengkapi dengan port data Contoh : Nokia2115 dipasaran harga sekitar Rp 200-250Rb.

b. Kabel DKU yang sesuai dengan Handphone anda. Yang biasanya disertai dengan driver (File  pengenal berupa CD didalamnya). Harganya sekitar Rp. 50.000 – Rp.40.000. Dalam hal ini DKU5

c. Komputer dengan slot USB disarankan Window 2000 ke atas

d. Driver Modem (akan disertakan dalam bentuk halaman biasa diartikel berikutnya – anda tinggal copy paste kemudian simpan dengan type file all file dan berinama nmpcdma2000_1x.inf ). Ingat lah dimana anda menyimpan file .inf ini.

Instalasi Hardware

a. DKU dan Drivernya

1. Install driver DKU dengan menyambungkan ujung kabel DKU ke USB Port. Kemudian masukan CD Driver nya dan ikuti langkah di layar monitor

2. Kemudian klik kanan pada Icon My Computer kemudian pilih Properties àPilih Tab HardwareàKlik Tombol Device Managerà dan perhatikan daftar hardware. Pilih nama hardware Port (Com & LPT) dan klik tanda + nya. Perhatikan nama hardware yang ada nama USB . Kemudian catat nama yang ada didalam kurung hardware tersebut. Misalnya (COM3).

3. Ini artinya port tersebut (COM3) digunakan oleh hardware untuk berkomunikasi.

b. Modem dan drivernya

Klik StartàSettingàControl PanelàAdd New Hardwareà Maka akan muncul window baru à Klik Next (maka computer akan melakukan pencarian hardware baru)àSetelah pencarian selesai pilihlah “Yes. I have already connected the hardware” kemudian pilih NextàAkan muncul daftar hardware pilih “Add New Hardware Device”à Kemudian pilih “Install the hardware that I manually select from a list” klik NextàPilih Modems Klik Nextà Maka akan muncul wizard Install modem pilih “Don’t detect my modem” maka akan dilakukan list modem (akan membutuhkan waktu agak lama)àSetelah muncul daftar modem pilih tombol “Have Disk”àKemudian klik tombol Browse dan arahkan ke alamat file dimana anda menyimpan file “nmpcdma2000_1x.inf”. Setelah ditemukan maka klik OKàKemudian pilih “Nokia CDMA2000 1X 3G Paket Data Modem”à Klik Next kemudian akan muncul windows pemilihan port komunikasi. Pilih COM3 (karena pada setingan DKU menunjukan berkomunikasi pada port ini)à Klik Next..Jika muncul window peringatan tentang signature …klik tombol “continue any way” tunggu hingga instalasi selesai dan terakhir klik Finish.

Catatan : pemilihan port jangan salah harus sama dengan port yang digunakan oleh kabel DKU.

Pendaftaran Berinternet dan Pengubahan ke Base Time

Pada dasarnya hanphone anda sudah dapat digunakan untuk berinternet, namun secara default ia melakukan koneksi berdasarkan (based) volume.

Untuk mengubahnya menjadi Base Time pemakaian, maka lakukan langkah sbb :

Dari hanphone anda ketik NET kirim ke 799. Untuk pendaftaran ini dikenakan biaya Rp. 5000 yg akan memotong saldo pulsa anda.

Kemudian ketik REG TIME kirim ke 799. Setelah itu ada balasan dari operator yang menyatakan bahwa koneksi internet berdasarkan waktu (base time) akan segera di aktifkan.

Jangan Lupa setingan telephone anda melalui menu Setting–>Call Seting–>Data/Fax Calls–>Data Only. Restar HP anda.

Pembuatan Koneksi di computer

Setelah instalasi hardware dan pendaftaran telah dilakukan maka buatlah koneksi ke internet dengan mengklik  Startà Control PanelàNetwork Connectionà Create New Connection àPilih Connect to Internetà Pilih Set up my Connection  Manuallyà Connect using dial up modem àUntuk ISP name diisi apa saja : dalam hal ini diisi Staroneà Phone Number isi dengan #777àPilih Anyone’s useàusername isi dengan starone. Password isi dengan indosat. Jangan lupa pilih “make this default internet connection”àUntuk membuat shortcut di desktop pilih add shortcut this connection to my desktopà Klik Finish.

Pemilihan Konfigurasi Akses ke Internet di Web Broser

Jika anda pengguna Internet Explorer dari menu ToolsàInternet OptionsàPilih Tab ConnectionàPilih nama Koneksi yang anda buat tadi (dalam contoh ini bernama starone) dan pilih option “always dial my default connection”à Klik Apply àKlik OK

Jika anda pengguna Mozila maka dari menu ToolsàOptionàConnection SettingàPilih Direct Connect to Internet. à Klik OK.

Koneksi ke Internet

Klik StartàSetting àNetwork ConnectionàPilih nama koneksi yang tadi anda buat. Klik kanan nama koneksi pilih dial. Maka computer akan melakukan dial ke number #777 dan handphone anda akan melakukan dial ke #777. Jika terjadi putus koneksi maka lakukan redial. Setelah koneksi anda sukses maka akan ada tulisan registering your computer dan di pojok kanan bawah ada icon bergambar komputer  yang menandakan computer anda tersambung dengan internet.

Lakukan browsing dengan menjalankan web browser (mozila atau Internet Explorer) anda .

Untuk mematikan koneksi internet, pertama matikan web browser anda kemudian klik kanan pada nama koneksi anda pilih disconnect. Atau dari pojok kakan bawah pilih icon computer dan klik kanan pilih disconnect.

Selamat mencoba. Gunakan Internet dengan Bijak.

Kunjungi https://yusuphidayat.wordpress.com

http://binamatahati.blogspot.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: